Cara Mengurus Rekomendasi Kemenag/Depag Untuk Umrah Dan Haji Khusus

Bagikan samara umroh

Mulai Maret 2017 terdapat aturan baru yang menjadi syarat pengurusan paspor, yaitu calon jama’ah umrah atau haji khusus harus melampirkan rekomendasi dari Kemenag / Depag. Rekomendasi hanya akan diberikan kepada calon jamaah yang berangkat dari Penyelenggara Perjalalanan Ibadah Umrah (PPIU) dan Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK) yang terdaftar resmi di Kementerian Agama.

 

Caranya Megurus Rekomendasi

Pada saat mendaftar umrah atau haji khusus, calon jama’ah menyerahkan dokumen kepada Travel atau Penyelenggara Perjalalan Ibadah Umrah dan Haji Khusus.

Dokumen tersebut antara lain :

  • Fotokopi KTP
  • Fotokopi KK (Kartu Keluarga)
  • Fotokopi Surat Nikah (bagi yang sudah menikah) atau fotokopi Akta Kelahiran (bagi yang belum menikah)

Kemudian Travel memberikan surat pengantar kepada jama’ah yang ditujukan kepada Kemenag. Nama jama’ah umrah atau haji khusus dibuat 3 (tiga) kata. Misal : jika namanya Faiz, maka ditambahkan nama ayahnya. Nama ayahnya Irfan Fauzi, maka namanya menjadi Faiz Irfan Fauzi. Namun jika namanya sudah terdiri dari 3 (tiga) kata, maka tidak perlu digabung dengan nama ayahnya. Surat pengantar tersebut dilampiri Surat Ijin Travel, fotokopi KTP jama’ah, fotokopi KK (Kartu Keluarga), fotokopi Surat Nikah atau fotokopi Akta Kelahiran (semua dalam kertas ukuran A4).

Surat pengantar beserta lampirannya diserahkan ke petugas di Kemenag (loket rekom umrah atau haji khusus). Dokumen akan diperiksa oleh petugas loket, setelah dinyatakan lengkap maka petugas loket akan memberikan tanda terima. Rekomendasi selesai paling lama keesokan harinya. Jama’ah umrah atau haji khusus bisa mengambil rekomendasi dengan menyerahkan tanda terima. Biasanya rekom yang diterima masih belum distempel oleh Kepala Kantor Kemenag, rekom tersebut difotokopi dulu dan diserahkan pada petugas loket untuk distempel. Rekomendasi asli diserahkan ke jama’ah sebagai lampiran pengurusan paspor dan yang fotokopi untuk arsip Kantor Kemenag setempat.

 

Ditulis oleh : Irfan Fauzi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *